BLOGGER TEMPLATES AND Zwinky Layouts »

Kamis, 18 Maret 2010

Bypass Proxy / Proxy Tunnel-ing dengan TOR

Hufh, basi…tapi banyak juga yang belum tau. Singkatnya, design network di kantor atau sekolah atau institusi atau apapun umumnya memanfaatkan proxy untuk filtering penggunaan internet. Banyak yang tidak bisa IRC, tidak bisa YM, tidak bisa buka Friendster, tidak bisa buka situs porno (WTF??!don’t do this @work ;) ), download dibatasi, de-el-el. Pertanyaan seputar bypass proxy dan tunneling sudah menjamur di internet, sampe muntah lihatnya jika ada yang masih bertanya “bagaimana caranya” tanpa membaca terlebih dahulu, kecuali pertanyaannya “saya coba bypass proxy pake webproxy tapi kok masih gagal ya, webproxy yang digunakan http://www.apa-aja.com/proxy”, masih mood lah untuk menjawabnya.

Hell, kebanyakan curhat :P . Ini ada sedikit tips untuk bypass proxy dengan menggunakan tor. Biasanya proxy di implementasikan dengan application proxy maupun transparent proxy. Bedanya, jika application proxy kita diharuskan memasukan informasi proxy secara manual setiap kali ingin browsing, misalnya dengan setting proxy di internet connection IE. Jika yang digunakan transparent proxy, maka user tidak perlu tahu alamat IP proxy namun cukup browsing dan nanti sisanya network yang akan mengarahkan pada proxy. Kedua jenis proxy ini bisa di-bypass dengan TOR.

Untuk kasus transparent proxy umumnya tidak butuh tambahan konfigurasi apapun, cukup download tor dan install serta jalankan tor-nya. Kemudian tinggal set proxy di browser sesuai dengan konfigurasi TOR (biasanya dibuka port 8118 oleh privoxy). Jika yang digunakan adalah application proxy, maka bisa tambahkan konfigurasi berikut ini pada file torrc:

ReachableDirAddresses *:80, *:443
ReachableORAddresses *:80, *:443
HttpProxy ip_proxy:port_proxy
HttpsProxy ip_proxy:port_proxy
KeepalivePeriod 30

Untuk IRC Client bisa menggunakan SOCKS Proxy dan langsung berhubungan dengan TOR, defaultnya di port 9050. Namun sayang sekali DALNET melakukan banyak AKILL pada network TOR, tapi untuk koneksi ke network lain tidak ada masalah, terutama private server.

FYI, jaringan IP internal Telkomsel maupun Indosat masih bisa di-bypass dengan TOR, dan mungkin perusahaan-perusahaan besar lainnya juga masih bisa, tergantung system adminnya juga :) . TOR sendiri walaupun sudah sangat populer, namun tidak banyak sistem administrator yang memperhatikan mekanisme untuk blocking-nya. So, jangan heran jika banyak engineer yang doyan kerja malam sambil download besar-besaran dengan memanfaatkan bandwidth sebesar itu, akibatnya tagihan bandwidth perusahaan terbuang percuma.

0 komentar: